Monday, April 8, 2013

15 Jembatan Terpopuler di Dunia


Selama Berabad-abad jembatan digunakan para masyarakat untuk menyebrangi daerah yg satu ke daerah lainnya, nah ini dia 
15 jembatan terpopuler di dunia sampai saat ini :

15.Great Belt Bridge



Great Belt Bridge adalah dua jembatan pada bagian Timur dan bagian Barat yang terbelah oleh pulau kecil Sprogø. Panjang Jembatan Timur adalah 1.624 meter (5.328 kaki) yang melintasi bagian terdalam dari Storebælt antara pulau Zealand dan Sprogø. , dua tiang Jembatan Timur merupakan titik tertinggi di Denmark. Sementara Jembatan Barat memiliki panjang 6.611 meter (21.689 kaki)



14.Chapel Bridge

Chapel Bridge adalah sebuah jembatan yang panjangnya 204 meter (670 kaki) melintasi Sungai Reuss di kota Lucerne di Swiss. Ini adalah jembatan tertua di Eropa, dan salah satu atraksi wisata utama Swiss. Jembatan ini dibangun pada 1333, dirancang untuk membantu melindungi kota Lucerne dari serangan. Di dalam jembatan ada serangkaian lukisan dari abad ke-17, menggambarkan peristiwa dari sejarah Luzerne's. Sebagian besar jembatan, dan mayoritas dari lukisan, hancur dalam kebakaran tahun 1993, tapi cepat dibangun kembali.


13.Chengyang Bridge



Chengyang Bridge (juga dikenal sebagai Jembatan Angin dan Hujan) dibangun pada tahun 1916, dan ini adalah yang paling terkenal di kalangan jembatan angin dan hujan di Daerah Minoritas Dong di Cina. Jembatan ini membentang melintasi Sungai Linxi. Jembatan ini dibangun dari kayu dan batu tanpa paku atau paku keling dan merupakan yang terbesar dari semua jembatan angin dan hujan.Jembatan ini memiliki panjang 64,4 meter, lebar 3,4 meter dan tinggi 10,6 meter.




12.Brooklyn Bridge



Selesai dibangun pada 1883, Brooklyn Bridge menghubungkan Manhattan dan Brooklyn dengan rentang East River. Selama beberapa tahun, itu adalah jembatan gantung terpanjang di dunia dan telah menjadi terkenal dan ikon tengara New York. Jembatan ini memiliki jalan pejalan kaki yang terbuka lebar untuk berjalan kaki dan bersepeda. 

11.Alcántara Bridge


Menyeberangi Sungai Tagus di Alcantara Spanyol, Jembatan Alcantara adalah karya bangunan jembatan Romawi kuno. Jembatan ini dibangun antara 104 dan 106 oleh perintah Kaisar Romawi tahun 98 AD Trajan, yang dihormati oleh gapura di tengah jembatan dan sebuah kuil kecil di salah satu ujungnya


10.Sydney Harbour Bridge


Sydney Harbour Bridge adalah salah satu landmark Australia yang paling terkenal. Ini adalah terbesar di dunia (tetapi bukan terpanjang)terdiri atas baja jembatan lengkung dengan bagian atas jembatan berdiri 134 meter (440 kaki) di atas Sydney Harbour. Butuh delapan tahun untuk membangun ini dan dibuka pada bulan Maret 1932.


9.Stari Most



Stari adalah sebuah jembatan terkenal yang melintasi sungai Neretva di kota Mostar di Bosnia dan Herzegovina. Jembatan ini dibangun oleh Turki Ottaman pada 1566 dan berdiri 427 tahun, sampai jembatan itu hancur pada tahun 1993 selama Perang Bosnia. Tetapi Jembatan ini dibangun kembali, dan baru dibuka pada tahun 2004.


8.Si-o-se Pol



























Si-o-se Pol adalah sebuah jembatan terkenal di kota Isfahan Iran.jembatan ini salah satu contoh yang paling terkenal dari desain jembatan Safawi. Ditugaskan pada tahun 1602 oleh Shah Abbas I, jembatan dibangun dari batu bata dan batu. Memiliki 295 meter panjang dan lebar 13,75 meter. jembatan awalnya terdiri dari 40 lengkungan namun secara bertahap dikurangi menjadi 33.



7.Akashi-Kaikyo Bridge


Akashi-Kaikyo Bridge, juga dikenal sebagai Jembatan Pearl, merupakan jembatan gantung terpanjang di 1.991 meter (6.532 kaki) di dunia. Ini mencakup Selat Akashi di Jepang menghubungkan Kobe di daratan dan Iwaya pada Awayi Island. Butuh waktu hampir 12 tahun untuk membangun dan dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1998. Rentang pusat awalnya hanya 1.990 meter namun gempa Kobe pada tanggal 17 Januari 1995, memindahkan dua menara sehingga harus ditingkatkan dengan 1 meter.


6.Rialto Bridge

Jembatan Rialto adalah salah satu dari empat jembatan yang merentang di Grand Canal di Venesia, Italia. Ini adalah jembatan tertua di Grand Canal. Jembatan batu ini, dirancang oleh Antonio da Ponte, selesai pada tahun 1591 dan digunakan untuk mengganti jembatan kayu yang runtuh pada tahun 1524.



5.Charles Bridge



Charles Bridge adalah batu jembatan yang melintasi sungai Vltava di Praha, Republik Ceko. Pembangunannya dimulai pada 1357 di bawah naungan Raja Charles IV, dan selesai pada awal abad ke-15. Sebagai satu-satunya cara untuk menyeberangi sungai Vltava, Jembatan Charles memiliki koneksi paling penting antara Kota Lama dan daerah sekitar Prague Castle. Jembatan ini sangat penting sebagai jalur perdagangan antara Timur dan Eropa Barat.


4.Tower Bridge

Tower Bridge adalah gabungan dari jembatan gantung di London, di atas Sungai Thames. Jembatan ini dekat dengan Tower of London, yang memberinya nama dan telah menjadi simbol ikon London. Konstruksi dimulai tahun 1886 dan membutuhkan delapan tahun untuk membangunnya. Jembatan ini terdiri dari dua menara yang diikat bersama-sama di tingkat atas melalui dua lorong horizontal yang dirancang untuk menahan kekuatan bagian tergantung dari jembatan.


3.Millau Bridge


Millau Bridge adalah jembatan yang membentangi lembah sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Ini adalah jembatan tertinggi di dunia, dengan puncak tiang tertinggi di 343 meter (1.125 kaki) - sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel. Batas kecepatan di jembatan berkurang dari 130 km / jam (81 mph) sampai 110 km / jam (68 mph) karena banyak wisatawan yang mengambil gambar jembatan dari kendaraan. Tak lama setelah jembatan dibuka untuk lalu lintas, penumpang berhenti mengagumi pemandangan dan jembatan itu sendiri.



2.Golden Gate Bridge

The Golden Gate Bridge adalah jembatan gantung yang mencakup Golden Gate, selat antara San Fransisco dan Marin County. Ini adalah karya arsitek Joseph B. Strauss, butuh waktu tujuh tahun untuk membangunnya, dan selesai pada 1937. Golden Gate Bridge adalah jembatan suspensi terpanjang di dunia dan telah menjadi sebuah simbol yang diakui secara internasional di San Fransisco dan California. . Warna merah-oranye pada jembatan secara khusus dipilih untuk membuat jembatan lebih mudah terlihat jika ada kabut tebal.



1.Ponte Vecchio




Ponte Vecchio ("jembatan tua") adalah sebuah jembatan Abad Pertengahan di atas Sungai Arno di Florence,. Jembatan ini memiliki toko-toko yang dibangun sepanjang jembatan,seperti toko daging,perhiasan,dan berbagai macam souvenir

1 comment: